Minggu, 08 November 2015

Tips Agar Tulisanmu Menarik

Sudah lama rasanya semenjak jemariku tak menari di blog ini. Menulis itu susah-susah gampang ketika masih belum jadi kebiasaan. Apalagi masih sporadis menuangkan ide, pikiran, curahan atau apalah untuk dibaca banyak orang.Lalu bagaimana solusinya?! ya tulis bebas aja dulu, soal banyak kekurangannya akan makin membaik dengan berjalannya waktu. Lalu bagaimana membiasakannya?! "Menulislah setiap hari lalu liat apa yang terjadi" kata-kata ini nampaknya cucok banget untuk membakar semangat penulis pemula seperti saya. Semakin sering kita menulis maka keahlian akan makin bertambah, ngak percaya coba aja!

Oh ya, sering menulis saja tak menjamin kualitas tulisan kita makin bagus. Ada sisi lain yang harus berjalan beriringan ketika kita mendamba karya yang bagus. Tentunya perbanyak baca, atau mendengar kajian keilmuan yang bisa kita ulas balik dengan bahasa kita sendiri. Dan dengan banyaknya literatur dan referensi dalam tulisan kita maka orang yang membaca pun akan makin tsiqoh pada kita.

 Menulis yang akan menyedot perhatian pembaca diantaranya adalah tulisan yang menampilkan sesuatu yang  super atau yang ter-,  kemudian tulisan yang menyajikan sesuatu yang tidak disangka-sangka akan akan mengejutkan pembaca, selanjutnya tulisan yang menghibur pasti akan menarik perhatian, karena manusia cendrung memburu hal yang menghibur, tulisan yang memberi inspirasi atau menghadiran pencerahan akan membuat pembaca spontan akan berucap luar biasa.Dan ini pun akan menjadi daya tarik untuk membuat pembaca akan lagi, lagi dan lagi ingin membaca karya kita yang lain.

Satu lagi minimalisir kesalahan dalam tulisan juga salah satu faktor orang percaya kepada tulisan kita. Tulisan yang baik adalah tulisan yang sesuai EYD, tata bahasa. Pastinya kita harus terus belajar tentang tata bahasa, agar tulisan kita makin enak dibaca. Selamat mencoba semoga kita makin masif untuk berjuang dengan pena, karena dengan menulis kita akan abadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar